Untuk Menghasilkan lulusan yang berkualitas, kurikulum merupakan salah satu instrumen penting dalam proses pendidikan. Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pe- doman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. dengan demikian tujuan pendidikan akan sangat tergantung dari kurikulum yang diterapkan.

KKNI merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan K-PT | KKNI 2017 |6  di berbagai sektor. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional dan pelatihan yang dimiliki negara Indonesia. Melalui KKNI ini memungkinkan hasil pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, dilengkapi dengan perangkat ukur yang memudahkan dalam melakukan penyepadanan dan penyejajaran dengan hasil pendidikan bangsa lain di dunia.

Berikut buku panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Universitas Pamulang 2017.

cover-buku-pedoman-kurikulum-kpt-depan

Download File Panduan