cover-buku-petunjuk-praktis-kpt-depan

Dalam memudahkan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi berbasis Kerangka Nasional Pendidikan Tinggi di Universitas Pamulang, disusunlah buku yang berjudul Petunjuk Praktis dan Lember Kerja Penyusunan K-PT berbasis KKNI Universitas Pamulang, di mana di dalam buku ini dibagi menjadi 12 langkah penyusunan, yaitu: (1) Penyusunan Identitas Program Studi; (2) Penyusunan Struktur Organisasi Program Studi; (3) Penyusunan Profil Lulusan; (4) Penyusunan Capaian Pembelajaran (Learning Outcome); (5) Penyelarasan Mata Kuliah dengan Capaian Pembelajaran; (6) Menyusun Rancangan Mata Kuliah; (7) Menyusun Komposisi Mata Kuliah; (8) Menyusun Ekivalensi Mata Kuliah; (9) Membentuk Peta Kurikulum; (10) Menyusun Deskripsi Mata Kuliah; (11) Menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS); (12) Menyusun Kualifikasi Akademik Dosen.

Petunjuk praktis dapat didownload sebagai berikut:

 

(1) IDENTITAS PROGRAM STUDI

Identitas program studi merupakan  ciri-ciri, tanda-tanda, atau jati diri yang melekat pada program studi yang membedakannya dengan program studi yang lain di Universitas Pamulang atau program studi sejenis di universitas lainnya.  Identitas sebuah program studi berisikan minimal: 1)  Nama Program Studi; 2) Status Akreditasi yang dimiliki; 3) Gelar Kesarjanaan yang melekat kepada alumni sebuah program studi; 4) Visi Program Studi yang merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah program studi yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari program studi. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi program studi untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang; 5) Misi yang merupakan pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh program  dalam usahanya mewujudkan Visi; 6) Tujuan yang merupakan realisasi dari misi yang spesifik dan dapat dilakukan dalam jangka pendek.

Download tamplate Identitas Program Studi

(2) STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi program studi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu program studi dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan yang di harapkan dan diinginkan. Struktur Organisasi program studi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa, jadi ada satu pertanggung jawaban apa yang akan di kerjakan.

Download tamplate Penyusunan Struktur Organisasi

(3) PROFIL LULUSAN

Profil lulusan merupakan peran dan fungsi yang dapat dijalankan oleh lulusan setelah memasuki area kerja dan/atau masyarakat. Profil ini dapat dipandang sebagai outcomes pendidikan yang dituju.  Atau dengan kata lain Profil Lulusan Program Studi merupakan postur yang diharapkan pada saat pembelajar lulus atau menyelesaikan seluruh proses pembelajaran dalam suatu program studi dengan kesesuaian jenjang KKNI.

Penetapan profil lulusan ini dimulai dengan menjawab pertanyaan: “Akan menjadi apa sajakah setelah lulus program studi ini? Program studi ini akan menghasilkan lulusan seperti apa? Peran apa yang dapat dilakukan oleh lulusan di masyarakat saat baru lulus?

Download tamplate Penyusunan Profil Lulusan

(4) CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran menurut KKNI adalah internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, keterampilan, afeksi dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Capaian pembelajaran merupakan alat ukur dari apa yang diperoleh seseorang yang menyelesaikan suatu proses belajar baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Capaian pembelajaran dapat dipandang sebagai result dari hasil keseluruhan proses belajar yang telah ditempuh oleh seorang mahasiswa selama menempuh studinya pada satu program studi tertentu

Untuk menetapkan kompetensi lulusan dalam rumusan capaian pembelajaran (learning Outcome), dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan “agar lulusan menjadi sesuai dengan profil lulusan yang telah ditetapkan, lulusan harus mampu melakukan apa saja?

Download tamplate Penyusunan Capaian Pembelajaran

(5) PENYELARASAN MATA KULIAH DENGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

Penyelarasan mata kuliah dengan capaian pembelajaran secara umum bertujuan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan “untuk dapat menguasai semua unsur dalam capaian pembelajaran, bahan kajian apakah yang perlu dipelajari dan seberapa tingkat penguasaannya?

Download tamplate Penyelarasan Mata Kuliah dengan Capaian Pembelajaran

(6) RANCANGAN MATA KULIAH

Rancangan mata kuliah merupakan sebuah struktur kurikulum suatu program studi. Rancangan mata kuliah merupakan pola dan susunan mata kuliah yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran ke dalam muatan kurikulum setiap mata kuliah pada setiap semester dituangkan dalam Kartu Rencana Studi (KRS) mahasiswa  sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.

Download tamplate Rancangan Mata Kuliah

(7) KOMPOSISI MATA KULIAH

Komposisi mata kuliah adalah tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan keselarasan dalam suatu kurikulum program studi setiap semesternya. Komposisi mata kuliah semester yang baik akan dapat menghasilkan perkuliahan yang seimbang, menyatu, berirama, dan selaras.

Download tamplate Komposisi Mata Kuliah

(8) EKIVALENSI MATA KULIAH

Ekivalensi mata kuliah merupakan penyepadanan antara mata kuliah yang ada pada kurikulum sebelumnya dengan mata kuliah yang ada pada kurikulum perguruan tinggi berbasis KKNI.

Download tamplate Ekivalensi Mata Kuliah

(9) PETA KURIKULUM

Peta kurikulum merupakan gambaran seluruh mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa ketika akan mengambil gelar kesarjanaan tertentu. Peta kurikulum berwujud diagram alir mata kuliah dimulai dari semester 1 sampai dengan semester 8.

Download tamplate Peta Kurikulum

(10) DESKRIPSI MATA KULIAH

Deskripsi mata kuliah adalah penggambaran  setiap mata kuliah secara jelas dan tepat agar dapat dimengerti pembaca. Deskripsi mata kuliah minimal berisi tentang  program studi,  nama mata kuliah, kode mata kuliah, SKS, dosen pengampu mata kuliah, deskripsi singkat mata kuliah dan referensi yang digunakan.

Download tamplate Deskripsi Mata Kuliah

(11) PENYUSUNAN RPS

Rencana pembelajaran semester (RPS)merupakan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap muatan pembelajaran. Perencanaan tersebut memuat perencanaan proses pembelajaran . RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi.

Download tamplate Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

(12) KUALIFIKASI AKADEMIK DOSEN

Kualifikasi akademik adalah keahlian atau kecakapan khusus dalam bidang pendidikan baik sebagai pengajar mata kuliah. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Kualifikasi akademik diartikan sebagai tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undanangan yang berlaku.

Download tamplate Penyusunan Kualifikasi Akademik Dosen