Buku Pedoman Pengembangan Bahan Ajar

Buku Pedoman Pengembangan Bahan Ajar

Peningkatan kualitas SDM Indonesia adalah pekerjaan besar yang menjadi konsen perguruan tinggi. SDM yang berkualitas adalah SDM yang memiliki kompetensi – yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan yang ada di dunia usaha dan dunia industri. Pembentukan SDM yang kompeten adalah tugas dosen melalui pendidikan dan pengajaran. Sebagaimana amanat dalam peraturan perundang-undangan bahwa dosen/guru harus merencanakan, melaksanakan rencana, dan mengevaluasi pembelajaran. Sebagai bagian dari usaha merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, dosen dituntut untuk menyusun bahan ajar.

Dalam buku ini penulis menawarkan gagasan bahwa dosen perguruan tinggi harus menyusun bahan ajar. Bahan ajar adalah macam bentuk informasi yang disusun oleh dosen untuk membantu mahasiswa mencapai kompetensi yang ditetapkan. Penyusunan bahan ajar ditujukan agar menyempurnakan tugas dan tanggungjawab dosen sebagai pengajar/pendidik di pendidikan tinggi.

Dalam penjelasannya, penulis mengetengahkan prinsip bahwa bahwa bahan ajar harus diselaraskan dengan kompetensi dan bahwa aktivitas dan penilaian pembelajaran juga harus menyelaraskan dengan kompetensi, maka secara logis, bahan ajar harus menyeleraskan antara kompetensi, aktivitas dan penilaian.

Penulis juga menawarkan gagasan bahwa bahan ajar perlu dilengkapi dengan aktivitas pendukung. Untuk membantu mahasiswa menjalankan aktivitas belajar, dosen perlu menyusun scaffolding (tangga belajar) yang bertujuan untuk membantu mahasiswa menguasai secara progresif kompetensi yang pada akhirnya menciptakan kemandirian belajar. Semoga, hadirnya buku teks ini dapat membantu dosen dalam menyusun bahan ajar yang dapat menyempurnakan tugas pengajaran.

Buku yang ditulis ini dengan bahasa yang sederhana, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami maksudnya. Mengingat penyusunan bahan ajar merupakan pekerjaan fungsional, dari karakteristik materi itu, kekuatan dari buku ini menghadirkan penjelasan yang bersifat teknis, sehingga pembaca dapat dengan mudah mengikuti metodologi penyusunan buku ajar. Saya yakin bahwa para pembaca, terutama dosen perguruan tinggi, ingin menjadi pendidik dan pengajar yang profesional dan hadirnya buku ini memberikan kekuatan yang mendorong ke arah profesionalisme dosen.

cover-pengembangan-bahan-ajar

Download Buku Panduan